Tuesday, March 6, 2012

Dapur Mungil Agar Terlihat Menarik

Jangan berkecil hati bila memiliki rumah mungil dengan ukuran 21-36 meter persegi. Dengan sentuhan interior, ruang-ruang di rumah tetap menarik, salah satunya interior untuk dapur mungil Anda.

Dapur merupakan bagian penting dalam sebuah rumah, di tempat ini sumber gizi bagi keluarga diolah dan dipersiapkan. Dapur yang bersih, nyaman, bahkan menarik akan menambah semangat Anda menyiapkan masakan untuk anggota keluarga.

Ukuran dapur mungil biasanya sekitar 2 - 4 meter, diambil berdasar pembagian ruangan yang umumnya terdiri dari satu atau dua kamar tidur, ruang utama, satu kamar mandi, dan dapur. Di ruang 2 - 4 meter ini, apa yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik?

1. Desain dapur dibuat untuk menghemat ruangan, misalnya dengan memilih lemari kitchen set yang digantung. Warna lemari bisa sesuai selera, biasanya warna-seperti krem, hitam, atau coklat tanah. Lemari seperti ini bisa Anda pesan di tukang kayu atau membeli jadi di toko perlengkapan.

Karena berfungsi menghemat ruangan, tempatkan barang atau peralatan dapur di ruang-ruang penyimpanan kitchen set. Tempatkan peralatan yang sering Anda pakai di tempat yang terjangkau sehingga lebih memudahkan.

2. Jangan lupakan jendela dan ventilasi yang cukup agar terjadi pertukaran udara di dapur. Hal ini juga berguna apabila terjadi kebocoran gas elpiji saat memasak. Perhatikan pula saluran air dan pembuangan sampah, bau yang tak sedap akan berpengaruh pada ruang-ruang lainnya.

Kalau Anda memiliki anggaran lebih, atau sekedar berinvestasi, pasanglah alat penghisap asap. Alat ini mampu mereduksi asap yang terakumulasi di dapur sehingga tidak pengap dan berbau.

3. Pilihlah peralatan dapur yang sesuai ukuran dapur. Peralatan dengan desain minimalis dan modern banyak ragamnya, bisa Anda pilih sesuai selera. Agar tampak rapi, pakailah tempat khusus untuk bumbu-bumbu dapur, kue kering, mie instan dimana barang-barang ini tidak dimasukkan ke dalam lemari.

4. Untuk memberi kesan luas, pakailah warna dinding dan pencahayaan yang tepat.



sumber: http://kalteng.tribunnews.com/

No comments:

Post a Comment