Monday, March 5, 2012

Bermain Corak dan Warna


Aksen warna mencolok tak dapat dipungkiri mampu menciptakan nuansa berbeda bagi penghuninya.
Pengaplikasian warna untuk diterapkan pada hunian memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Tak jarang kita tertarik melihat sebuah sofa,standing lamp , karpet, atau side table unik dengan warna mencolok. Namun kekhawatiran mengenai keselarasan warna dengan di sekitarnya kerap muncul. Bagaimana jika warna tersebut justru mengacaukan nuansa dalam ruangan? Padahal aksen warna yang dihadirkan di ruangan Anda, jika digunakan secara tepat justru dapat menambah kesan unik dan menunjang kenyamanan .
Pasalnya, disadari atau tidak penggunaan aksen warna dalam hunian dapat memengaruhi keadaan hati penghuni. “Aksen warna memberikan karakter dan sisi personal tersendiri bagi setiap ruangan. Selain itu, warna-warna tersebut dapat memberikan efek positif pada penghuni maupun pengunjungnya,” ujar Seraphina Dominique , Kurator Program dan Desain Kemang 89 .
Maka, jangan ragu lagi untuk “menghidupkan” ruangan dengan menghadirkan warna-warna kesukaan pada elemen hunian Anda!
Kolaborasi Cushion & Sofa
Kini sofa hadir dalam beragam bentuk dan warna yang sangat mampu menarik perhatian. Jika tertarik membeli sofa dengan bentuk unik, lebih baik memilih satu buah sofa saja bukan serangkaian sofa yang terdiri dari single  dan double  sofa. Kehadirannya yang berdiri sendiri memberi kesempatan pemilik hunian untuk lebih berani berekspresi tanpa terbentur oleh luas area ruangan. Pasalnya, jika Anda memilih satu set sofa dengan warna mencolok dan ukuran yang cenderung tinggi atau besar, ruangan akan terkesan sempit dan “penuh”.
Kelebihan lainnya, penempatan sofa yang berdiri sendiri ini tidak perlu memikirkan keharmonisan warna dengan elemen lainnya. Karenanya ia sangat cocok menjadi point of interest  di sebuah sudut atau ruangan. Contohnya, sofa merah bersandaran tinggi. Dengan warna yang berani dan bentuk yang tidak biasa, sofa ini dapat menarik perhatian para tamu. Coba simpan dalam ruang keluarga, baik di depan televisi maupun di pojok baca dekat lemari buku Anda.
Penambahan cushion pun sangat praktis untuk menambah daya pikat sebuah sofa. Seperti cushion  merah polos dan bercorak yang disertakan di dalam sofa merah tersebut. Selain menambah kenyamanan karena dapat dijadikan penyangga duduk, sofa pun terlihat lebih unik.
Sementara untuk sofa berwarna gelap dengan model minimalis, mengakalinya mudah saja. Tidak perlu buru-buru mengganti dengan sofa baru atau mengganti pelapisnya dengan warna yang lebih terang untuk memberikan nuansa yang lebih ceria. Ruangan dapat tetap terlihat menarik dengan cushion  berwarna-warni atau ornamen kecil lain yang dapat menyempurnakan ruangan Anda. Apalagi, pelapis cushionjuga mudah diganti sesuai selera
Sofa bersandaran tinggi atau sofa biasa akan semakin cantik ditemani cushion aneka warna. Pas untuk ''dipamerkan'' diruang keluarga atau ruang tamu. (Foto: Eng Naftali)
Hidupkan Warna Netral
Penggunaan warna mencolok sebagai aksen dapat menambah “hidup” ruangan Anda. Misalnya saja dalam ruangan minimalis dengan dominasi warna putih yang bersih. Warna putih memang memberi efek meluaskan, namun pengaplikasian yang terlalu banyak justru menimbulkan kesan dingin serta membosankan. Maka, Anda dapat menambahkan aksen warna unik yang manis seperti pink  dan biru yang menambah kesan modern. Contoh lain adalah kursi rotan bergaya hippies  yang beraneka warna. Tidak perlu takut menggunakannya, karena benda-benda tersebut akan sangat menarik dan menjadi fokus perhatian jika diletakkan pada ruangan minimalis yang didominasi warna netral. 
Meja Multifungsi
Permainan warna juga dapat diaplikasikan pada meja kecil yang biasa disebut side table . Jika jenuh dengan bentukkayu bergaya klasik, kini banyak pilihan meja kecil dengan aneka bentuk dan warna segar yang menimbulkan kesan modern.
Meskipun kecil dan cenderung dilupakan, sebenarnya side table  ini memiliki banyak manfaat, lho. Apalagi jika kehadirannya sekaligus dijadikan benda dekoratif yang menunjang keindahan serta keselarasan ruangan. Contohnya adalah side table  kotak berwarna merah ini. Bentuknya yang minimalis, memiliki beberapa sekat yang dapat digunakan untuk menampung majalah, buku, peralatan tulis, CD, atau koleksi lainnya.Side table ini dapat disimpan dalam bentuk kotak, dapat juga dibuka bertahap sehingga bentuknya menyerupai kipas.
Side table  biasanya diletakan di pinggir sofa atau di sudut ruangan. Jika Anda menyandingkannya dengan sofa yang berwarna netral, tunjang keceriaan warna dari side table  ini dengan menggunakan warna senada pada cushion  atau ornamen dekoratif di sekitar sofa.

Sumber: http://m.tabloidnova.com/Nova/Griya/Interior/Bermain-Corak-dan-Warna-1

No comments:

Post a Comment